Kunjungan Tim Asesor BANT-PT Dalam Rangka Visitasi Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

 

Pada tanggal 4 – 5 Juni 2018, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di visitasi oleh tim asesor BAN-PT dalam rangka penilaian akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tim asesor terdiri dari Dr. Maman Suryaman, M.Pd (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Dr. Sumarwati, M.Pd. (Universitas Sebelas Maret). Kegiatan visitasi diawali dengan peninjauan gedung-gedung kuliah dan melihat fasilitas perkuliahan serta pelayanan akademik lainnya. Selain melihat fasilitas fisik, sesekali Tim Asesor terlihat melakukan tanya jawab dan diskusi dengan para pimpinan dan karyawan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Setelah acara peninjauan gedung-gedung kuliah dan melihat fasilitas perkuliahan serta pelayanan akademik lainnya, tim asesor langsung berdiskusi dengan tim penyusun borang Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengkonfirmasi isi borang yang telah dikirim secara on-line sekaligus pengecekan dokumen pendukung borang. Setelah itu, tim asesor melakukan wawancara secara maraton kepada para alumni, staf kependidikan, dosen, mahasiswa, dan stakeholder.

Kegiatan visitasi diakhiri dengan penyampaian secara singkat hasil evaluasi oleh tim asesor dan dengan dilanjutkan dengan penandatangan berita acara visitasi oleh Dekan dan Kaprodi. Secara umum kedua asesor menilai positif kualitas pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilihat dari berbagai aspek seperti: tata pamong, mahasiswa, sumber daya manusia, kurikulum dan pembelajaran, sarana dan prasarana, termasuk penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama.

Pelaksanaan visitasi akreditasi program studi ini diharapkan memperoleh nilai akreditasi “A” sebagai indikator kualitas proses pendidikan di prodi serta untuk mendukung pencapaian akreditasi tingkat universitas.

5 thoughts on “

Leave a Comment