Pentas Sastra

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar Tahun 2018

 

Salah satu bentuk kreativitas mahasiswa PSP Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar dalam mengapresiasi karya sastra adalah melalui kegitan Pentas Sastra. Selain memberikan apresiasi terhadap karya sastra, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap positif (rasa setia, rasa bangga, rasa bertanggung jawab) mahasiswa khususnya dalam bidang sastra.

Kegiatan pentas sastra ini merupakan tindak lanjut dari program kerja yang telah dirancang oleh HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah Puisi Karya Khairil Anwar yang diapresiasi dalam bentuk pementasan teater, musikalisasi puisi, dan pembacaan puisi. Kegiatan pentas sastra ini didesain dalam bentuk workshop dan  perlombaan yang melibatkan siswa SMA/SMK Se-Kota Denpasar, dan diakhiri dengan  malam gelar sastra.

Hari pertama workshop tentang teater. Sebanyak 97 mahasiswa PSP Bahasa dan Sastra Indonesia dengan antusias mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada hari Sabtu 2 Juli 2018 di Gedung Widyashaba kampus Soka. Workshop kali ini diisi oleh Putu Satria seorang penulis sekaligus praktisi teater dari Singaraja yang menjelaskan secara detail tentang seni teater dan cara beracting. Workshop ini dilaksanakan guna mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang karya seni tater.

Hari kedua (3 Juli 2018) diadakan lomba terkait dengan bahasa dan sastra Indonesia. Adapun jenis perlombaannya, yaitu musikalisasi puisi Chairil Anwar, berpidato dan menulis cerpen. Selain untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, perlombaan ini diharapkan mampu mendongkrak mental para siswa agar lebih berkompeten dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka masing-masing. Dengan perlombaan ini pula, siswa dapat menjadi individual yang lebih berprestasi.

Kegiatan pentas sastra dikahiri kegiatan bernamakan “Malam Gelar Sastra”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Widyasbha Kampus Soka yang dikemas  dalam bentuk pemetasan/pertunjukkan dari seluruh angkatan mahasiswa PSP Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar. Malam gelar sastra ini juga bisa disebut malam keakraban. Acara ini dilakukan dengan tujuan sebagai wadah untuk lebih mengakrabkan diri seluruh warga PSP Bahasa dan Sastra Indonesia, sehingga terjalin hubungan yang baik antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen.