Pentas Sastra

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar Tahun 2018

 

Salah satu bentuk kreativitas mahasiswa PSP Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar dalam mengapresiasi karya sastra adalah melalui kegitan Pentas Sastra. Selain memberikan apresiasi terhadap karya sastra, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap positif (rasa setia, rasa bangga, rasa bertanggung jawab) mahasiswa khususnya dalam bidang sastra.

Kegiatan pentas sastra ini merupakan tindak lanjut dari program kerja yang telah dirancang oleh HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah Puisi Karya Khairil Anwar yang diapresiasi dalam bentuk pementasan teater, musikalisasi puisi, dan pembacaan puisi. Kegiatan pentas sastra ini didesain dalam bentuk workshop dan  perlombaan yang melibatkan siswa SMA/SMK Se-Kota Denpasar, dan diakhiri dengan  malam gelar sastra. (more…)

Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tahun 2018

 

Salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar berpartisipasi dalam Lomba Parade Cinta tanah Air (PCTA) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan RI bertempat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. PCTA di ikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Bali. Dalam kesempatan ini Unmas Denpasar mingirimkan 6 team berasal dari setiap fakultas yang ada di lingkungan Unmas Denpasar. Berkat keuletan dan kerja keras, akhirnya kolaborasi antar mahasiswa (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Prodi Akuntasi) Unmas Denpasar meraih juara II Parade Cinta Tanah Air 2018.

UKM Sanggar Sastra Raih Juara 3 Lomba Musikalisasi Puisi

 

Beranggotakan enam mahasiswa, UKM Sanggar Sastra PSP Bahasa Indonesia Unmas Denpasar meraih juara 3 dalam Lomba Musikalisasi Puisi yang didakan UKM English Club Unmas Denpasar tanggal 22 Juli 2018 di Kampus Soka. Dalam lomba tersebut, tim Sanggar Sastra diketuai oleh Santhi (mahasiswa semester 4) dengan membawakan puisi dengan judul Love is Key.

Puisi Love is Key mengamanatkan perihal cinta yang menjadi kunci dalam menggerakkan semesta, kata Santhi, ketua Tim, sambil menambahkan Tim latihan selama seminggu. Kesulitan yang ditemui Tim adalah saat mengaransemen musiknya, karena sesuai dengan persyaratan yang digariskan panitia musik harus orisinal karya sendiri.

Kerja keras Tim akhirnya terbayar saat UKM Sanggar Sastra diumumkan sebagai Juara 3 oleh Ketua Juri, Dr. Sri Jayantini. Juara 1 diraih Tim FKG, sementara juara 2 oleh Tim Bahasa Inggris.

Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar Memperoleh Nilai “A”

 

Dengan menghaturkan sujud syukur kehadapan Ida Sanghayang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunianya, hari ini tanggal 17 Juli 2018 berdasarkan Keputusan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi) No. 1873/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terakreditasi dengan peringkat “A” untuk periode 2018 – 2023. (more…)

Kunjungan Tim Asesor BANT-PT Dalam Rangka Visitasi Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar

 

Pada tanggal 4 – 5 Juni 2018, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di visitasi oleh tim asesor BAN-PT dalam rangka penilaian akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tim asesor terdiri dari Dr. Maman Suryaman, M.Pd (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Dr. Sumarwati, M.Pd. (Universitas Sebelas Maret). Kegiatan visitasi diawali dengan peninjauan gedung-gedung kuliah dan melihat fasilitas perkuliahan serta pelayanan akademik lainnya. Selain melihat fasilitas fisik, sesekali Tim Asesor terlihat melakukan tanya jawab dan diskusi dengan para pimpinan dan karyawan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

(more…)