Home »

December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

KONTAK KAMI :

Alamat
Jalan Kamboja No 11 A Denpasar, Phone + 361 240985
Jam
Senin—Sabtu: 08:00–13:00

Visi Misi Tujuan dan Strategi

Tim Penyusun Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS)

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unmas Denpasar

Penanggung Jawab:

I Nyoman Adi Susrawan, S.Pd., M.Pd (Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Ketua Tim Penyusun

I Komang Widana Putra, S.Pd., M.Hum

Sekretaris

Dr. Drs. I Nyoman Suparsa, MS

Anggota Tim Penyusun:

  1. Dra. Ni Luh Sukanadi, M.Hum
  2. Drs. I Nyoman Diarta, M.Pd
  3. Dr. Ni Wayan Eminda Sari
  4. Ida Ayu Made Weda Suwari, S.Pd., M.Pd
  5. Dra. IGA Putu Tuti Indrawati, M.Hum
  6. Dra AA Rai Laksmi, M.Hum
  7. Dewa Gede Bambang Erawan, S.Pd., M.Pd
  8. Drs. I Nyoman Suwandi, M.Pd

KEBIJAKAN PENYUSUNAN VMTS

Kebijakan tertulis yang mengatur penyusunan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi visi keilmuan dan tujuan PS termuat dalam:

  1. Statuta Universitas Mahasaraswati Denpasar (SK Yayasan Nomor: 124A/A.10/B/VII/2020) Bab II tentang Visi Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi;
  2. Peraturan Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Universitas Mahasaraswati Denpasar;
  3. Standar Mutu Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Pencapaian (SM-LPMI-004) diatur dalam Buku Standar Mutu Akademik dan Non-Akademik Universitas Mahasaraswati Denpasar tahun 2018.
  4. Surat Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Nomor: K.872/A.52.01/FKIP-Unmas/X/2020 Tentang Peninjauan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun 2020;
  5. Surat Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Nomor: K.892/A.52.01/FKIP-Unmas/X/2020 Tentang Tim Peninjauan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun 2020;
  6. Surat Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Nomor: K.1002/A.52.01/FKIP-Unmas/XI/2020 Tentang Peninjauan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun 2020.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

IDENTITAS PROGRAM STUDI

  1. Nama/Kode     : Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (S1)
  2. Ijin Pendirian   : SK No. 091/0/1982 Tanggal 8 Maret 1982
  3. Akreditasi        : A, 1873/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018
  4. Gelar               : Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi       

Program Studi (prodi) Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia merupakan salah satu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia didirikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang siap menjadi pendidik pemula bahasa dan sastra Indonesia, peneliti pemula bidang bahasa dan sastra Indonesia, dan wirausahawan bidang bahasa, sastra dan pendidikan.

Untuk mencapai hal tersebut prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara periodik melakukan evaluasi visi, misi, tujuan dan strategi pencapaian dengan melibatkan mitra dari dunia Pendidikan (SMP, SMA/SMK) dan dunia usaha/industri (Du/Di) serta pelibatan asosiasi dalam bidang bahasa dan sastra lndonesia. Pelibatan mitra bertujuan untuk menjaring masukan khususnya terhadap relevansi capaian pembelajaran dengan kebutuhan kompetensi lulusan dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar.

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN

STRATEGI PENCAPAIAN PS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Pendidikan (PS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar (FKIP Unmas Denpasar) dilakukan melalui tahapan sebagai berikut.

  1. Pembentukan tim task force perumusan visi dan misi Program Studi Pendidikan (PS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Guna menggali aspirasi dari berbagai pihak pada tahap awal kegiatan, task force melakukan brainstorming untuk menggali nilai-nilai dan budaya organisasi, aspirasi pemangku kepentingan (pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna serta masyarakat), dan gambaran masa depan yang diharapkan.
  2. Penyusunan kerangka kerja oleh tim task force. Untuk dapat menetapkan VMTS yang sesuai dengan Standar Nasional (SN) Pendidikan Tinggi Dikti maka diperlukan berbagai macam data informasi baik data primer maupun data sekunder. Data yang diperlukan meliputi kebutuhan pemangku kepentingan (baik eksternal maupun internal); kecenderungan pendidikan dan profesi masa depan; dan regulasi-regulasi dan inisiatif-inisiatif baik di tingkat nasional, regional, maupun global. Tim task force kemudian melakukan serangkaian brainstorming dengan berbagai pihak yang berkepentingan, di antaranya:
  3. Brainstorming antara task force, pimpinan universitas, fakultas, dan program studi. Task force menggali berbagai sudut pandang pimpinan universitas, fakultas, dan program studi untuk menyelaraskan dan mengintegrasikan VMTS FKIP.
  4. Brainstorming antara task force, pengelola FKIP dan dosen Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tim task force berkoordinasi dengan pengelola FKIP dan dosen dengan memanfaatkan momen pada saat rapat. Berbagai kritikan, saran, dan aspirasi dari peserta rapat menjadi masukan bagi tim untuk memperoleh gambaran utuh mengenai masa depan yang diharapkan.
  5. Brainstorming antara task force dan mahasiswa. Aspirasi mahasiswa dijadikan pertimbangan task force dalam penyusunan VMTS Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penggalian aspirasi kepada mahasiswa dilakukan task force melalui evaluasi proses belajar mengajar mahasiswa dan melalui berbagai penelusuran hasil survei kualitas layanan dan kepuasan FKIP terhadap berbagai aspek yang ada di program studi dan fakultas, yang meliputi aspek akademik, sumber daya, kemahasiswaan, serta sarana dan prasarana. Mahasiswa juga diminta untuk menilai kualitas layanan dari tenaga pendidik (dosen) dan kependidikan (pegawai) yang ada di program studi dan fakultas.
  6. Brainstorming antara task force, alumni dan user. Aspirasi alumni dan users dapat diketahui melalui kegiatan tracer study. FKIP di tahun 2020 guna memberikan gambaran tentang penilaian dari para alumni mengenai pelayanan yang diberikan oleh FKIP. Selain itu, pendapat pengguna alumni dijadikan umpan balik bagi FKIP guna peningkatan kualitas pendidikan di masa mendatang. Umpan balik alumni dan users dijadikan pondasi bagi FKIP untuk memenuhi kebutuhan pasar dan membangun strategi ke depan yang lebih baik.
  7. Brainstorming antara task force dan tenaga kependidikan (pegawai). Task force juga melakukan brainstorming dengan pegawai. Perbaikan sisi pelayanan yang diberikan karyawan merupakan salah satu faktor penting peningkatan kinerja FKIP kepada sivitas akademika, khususnya mahasiswa dan dosen. Saran dan masukan dari sudut pandang pegawai menjadi informasi berharga bagi task force dalam membangun ide pengembangan FKIP masa mendatang.
  8. Penyusunan draf VMTS Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan hasil brainstorming.
  9. Workshop penyusunan VMTS dengan melibatkan pimpinan universitas, fakultas, dan program studi dilingungan FKIP, mahasiswa, alumni dan user, tenaga kependidikan (pegawai).
  10. Pengajuan hasil workshop VMTS kepada pimpinan Fakultas, Universitas dan Lembaga Penjaminan Mutu.
  11. Penerbitan SK penetapan VMTS FKIP.
  12. Sosialisasi VMTS Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada pemangku kepentingan (baik eksternal maupun internal).

VISI :

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Yang Berlandaskan Pada Prinsip Collaborative Learning Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Untuk Menghasilkan Lulusan Yang Kompetitif dan Adaptif

Visi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Collaborative Learning, dengan visi tersebut diharapkan menghasilkan lulusan yang siap berkolaborasi dengan lembaga-lembaga yang relevan (swasta, pemerintah dan dunia industri) baik dalam maupun luar negeri dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi;
  2. Kompetitif artinya dengan visi tersebut diharapkan menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kualifikasi nasional sehingga mampu bersaing baik lokal, nasional maupun global
  3. Adaptif, dengan visi tersebut diharapkan menghsilkan lulusan yang mampu beradaptasi dalam menghadapi persaingan global

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Information and Communication Technology (ICT);
  2. ;

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. memadukan teknologi informasi dan komunikasi serta pedagogi dalam rangka mengembangkan konten ilmu pengetahuan untuk pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  2. yang mampu memecahkan masalah untuk menghasilkan inovasi melalui kegiatan penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;

Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Mahasiswa memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai pendidik pemula yang siap menciptakan inovasi dan kreativitas dalam mendesain pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  2. Mahasiswa memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai peneliti pemula yang siap memecahkan masalah untuk menghasilkan inovasi melalui kegiatan penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Mahasiswa memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai wirausahawan yang siap berkolaborasi dengan lembaga pemerintah, swasta dan dunia usaha dalam merintis wirausaha untuk meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan.

Strategi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Strategi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut.

PROFIL LULUSANPROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA